Memahami Ruang Jelajah Sagitarius Melalui Om @rumisiddharta
Memahami Ruang Jelajah Sagitarius Melalui Om @rumisiddharta


Dee, gimana ini yang Sagitarius?

Udah mau month of Capricorn nihhh.

Hahahaha.

 

Pesan WhatsApp dari Rizky alias Om Rum membuat saya tersentak. Iya ya… jam tayang Sagitarius hampir terlewat. Sementara itu, taping untuk Podluck Podcast belum dilakukan. Jangankan dilakukan, rencana waktunya saja saya belum tahu. Kepala saya langsung senat-senut.

 

Di penghujung tahun, waktu seperti bergerak lebih cepat. Tapi saya pribadi justru merasa auto slow motion. Akibatnya, ada banyak hal yang gagal terkejar. Antara lain menghadirkan Podluck Podcast Zodiak Gembira edisi Sagitarius ini dengan tepat waktu.

 

“Lu kapan ada waktu?” tanya saya akhirnya kepada Om Rum.

 

“Kalau nggak besok, lusa. Sisanya gue penuh sampai tahun baru.”

 

“Kalau besok, gue belum sempet ngumpulin pertanyaan. Kalau lusa, operatornya yang nggak bisa. Gimana, ya?”

 

Ketika mencoba menyusun janji dan rencana, muncul ide dan opsi yang aneh-aneh. Namun, setelah bertualang ke mana-mana di belantara ide, akhirnya kami sampai kepada kesepakatan yang normal-normal saja: bertemu di studio suami saya dan minta tolong direkamkan seperti biasa. Memang sih, tayangnya bakal telat banget karena masing-masing baru punya waktu untuk taping seminggu setelah jam tayang Sagitarius berlalu. Itu pun rekamannya baru dapat diunggah bulan Januari karena Podluck Podcast libur dulu. Tapi… ya sudahlah ya….

 

***

 

Pada hari dan waktu yang sudah disepakati, komunikasi Om Rum dan saya kurang lancar. Menjelang sore, Om Rum tahu-tahu memberi kabar:

 

Eh Dee hujan besar dan gue lupa bilang masih ada gawean, blm tau beres jam berapa.

Kalau misalnya ini mah…

Jadinya besok…

Kumaha?*

 

Saya membalas:

 

Yah, besok ga bisa. Hari ini ajalah.

Gue tunggu aja deh. Maleman juga nggak apa-apa.

 

Maka malam itu, menjelang pukul sepuluh, lengkap dengan sarung dan kopiah, Om Rum datang ke rumah. Setelah membahas apa-apa saja yang akan diobrolkan, kami masuk ke studio rekaman sambil live IG. Ternyata, Teman-teman, di kala taping, pembicaraan kami berkembang biak secara liar. Apalagi Oom Rum sambil menanggapi komentar beberapa teman yang merespons live IG-nya.

 

“Mestinya live IG di akun @zodiakgembira juga, dong,” kata Om Rum.

 

“Hape gue lagi di-charge. Ya udah, di akun lu aja, lah hahahaha….”

 

Saya jadi ingat perkenalan pertama saya dengan Om Rum sekitar lima tahun lalu di sebuah pameran. Tanpa intro apa-apa—bahkan tidak saling menanyakan nama—kami sudah panjang lebar membahas banyak hal. Tidak ada kesungkanan. Serba arbitrer. Ada toleransi yang luas untuk ke-“asal”-an masing-masing, tapi ada batas-batas yang kami hormati juga. Apa batasnya? Susah dijelaskan. Tiba-tiba paham saja.

 

“Sagitarius sebenernya bisa cocok sama siapa aja karena kita nrimo dan nggak judgmental. Kita bisa cepet akrab dan santai sama siapa aja. Pertanyaannya adalah: yang cocok sama kita, siapa? Kalau orangnya memang nggak mau temenan sama kita, ya mau gimana lagi?”

 

Saya tertawa berderai mendengar pernyataan itu.

 

Om Rum mengaku, sebagai Sagitarius ia memang meledak-ledak dan sering sembarangan bicara. Tapi ledakan itu tak pernah lama. “Kalau Sagitarius lagi marah-marah, jangan dijawab. Diemin aja,” begitu tips dari Om Rum.

 

Mereka juga orang-orang yang bebas dan tak dapat dikekang. Seperti Centaur, makhluk mitologi setengah kuda dan setengah manusia yang menjadi simbol Sagitarius. Ini juga berlaku untuk urusan percintaan. Untuk membuat seorang Sagitarius jatuh cinta, jangan pernah mengekang mereka.

 

Singkat cerita, seperti sejak pertemuan pertama kami, obrolan kami berkembang random ke mana-mana. Taping Podluck Podcast edisi Sagitarius memuat aneka kekacauan sekaligus informasi-informasi berguna dan kutipan-kutipan bijaksana yang mengejutkan. Jika kamu Sagitarius atau Gemini—polar opposite-nya—saya yakin kamu akan merasa terkoneksi dengan ke-random-an ini.

 

Memahami Sagitarius adalah memberi mereka ruang jelajah seluas-luasnya.

 

Zombi datang, semua senang,

Dukun Zombi

  

*Gimana? (bhs. Sunda)

 



Hey! Silakan mampir ke https://soundcloud.com/podluck-podcast/zodiak-gembira-s01e10-berkelana-random-bersama-sagitarius-feat-rumisiddharta untuk mendengar lebih banyak.


 

Rumi Siddharta:

@rumisiddharta adalah seorang kreator di bidang fashion, fotografi, dan copy writing. Ia punya styling khas, yang kerap bermain-main dengan sejarah. Seorang ENFP yang eksentrik dan pencerita yang tak pernah kehabisan bahan. 

09 Januari 2019
Dilihat sebanyak
1068 Kali
Lainnya...
@prabuperdana dan @francessa__: Generasi Pluto di Scorpio, Pohon, dan Akar
@prabuperdana dan @francessa__: Generasi Pluto di Scorpio, Pohon, dan Akar
Rahasia Venus pada Pasta Hibrida @anasthaeka
Rahasia Venus pada Pasta Hibrida @anasthaeka
Reuni Dukun Zombi dan @r_hakim
Reuni Dukun Zombi dan @r_hakim
 1 2345     >>>
Pabrikultur © 2015